Banyak dari kita, baik para petani dan pembudidaya tanaman maupun pengkonsumsi itu sendiri masih memiliki perbedaan pendapat atau pandangan tentang metode tanam antara hidroponik ataukah organik. Selain itu pertanyaan yang mungkin sering muncul adalah apakah tanaman hasil panen hidroponik bisa dikategorikan atau diberi label sebagai tanaman organik?

Namun, alangkah baiknya kita terlebih dahulu memahami pengertian hidroponik dan organik yang sebenarnya dan perbedaan yang mendasarinya.

Sistem pertanian hidroponik adalah sistem budidaya tanaman yang tidak menggunakan media tanah sebagai sumber nutrisi melainkan menggunakan media air dan nutrisi terlarut.

Sementara itu, pertanian tanaman organik adalah metode pertanian yang menggunakan tanah serta bahan-bahan alami dan siklus biologis organisme untuk menmbudidayakan tanaman serta tidak menggunakan pupuk maupun pestisida kimia.

Jadi dapat disimpulkan perbedaan yang mendasari pada kedua jenis sistem tanam tersebut adalah media tanam dan cara pemberian nutrisi serta perawatannya.

Apa Itu Sayuran Hidroponik

Sayuran hidroponik adalah sayuran yang tumbuh dengan bantuan cairan yang mengandung mineral yang diperlukan oleh sayuran untuk bisa tumbuh.

Berbeda dengan sayuran lainnya yang membutuhkan tanah untuk tumbuh. Selain air dan mineral, tanaman hidroponik juga membutuhkan lampu, sistem filtrasi untuk air dan udara. Semua kebutuhan ini dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman.

Biasanya sayuran hidroponik ditanam di rumah kaca ataupun di luar ruangan.  Karena itulah sayuran lebih mulus dan besar. Harganya lebih mahal dari sayuran biasa namun lebih terjangkau dibanding sayuran organik.

Apa itu sayur organik?

Sayur organik adalah sayur yang ditumbuhkan tanpa menggunakan pupuk kimia sintetis, pestisida, dan radiasi tertentu untuk membasmi hama.

Buah atau sayur organik menggunakan pupuk alami yang berasal dari kompos atau kotoran hewan, dan pembasmi hama alami seperti bakteri pemakan jamur, serangga yang memakan serangga lain, atau minyak tumbuhan.

Jadi bagaimana? sudah memahami pengertian Hidroponik dan Organik?

Tunggulah Artikel-Artikel selanjutnya

Author dnweb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *