Salah satu pertanyaan yang sering kami terima mengenai Bayuangga adalah:
Bagaimana dengan pengiriman produk Bayuangga? Apakah sama seperti E-commerce lainnya?
Atau
Bagaimana proses produksi hingga packing produk UKM-UMKM di Bayuangga?
Saya akan mencoba menjawabnya melalui sebuah cerita.

Amel adalah pelaku UKM yang produknya berjenis Handmade. Aktifitas produksi ini ia lakukan di sela kesibukannya mengurus keluarga. Ia rata-rata mulai mengurusi usahanya setiap jam 09.00 WIB setiap harinya. Tentunya bukan tanpa sebab ini ia lakukan. Karena setiap pagi ia harus mengurus keluarganya, termasuk anak-anaknya.

Di jam tersebut ia mulai dengan mengecek orderan masuk, baik melalui sosial media maupun aplikasi chat di smartphonenya. Mulai membalas pesan masuk, me-reply Komentar di Sosmed hingga menelpon pelanggannya. Aktifitas ini biasanya ia lakukan sampai jam 11.00.

Mulai jam 11.00 ia mulai melanjutkan produksi atas orderan yang belum selesai.

Jam 12.00 ia istirahat hingga jam 13.00. Jam 13.00 ia melanjutkan lagi proses produksi.

Jam 14.00, proses produksi belum selesai, ada banyak panggilan dari pelanggan. Drama panggilan ini ia lakukan hingga pukul 15.00.

Jam 15.00 ia mulai kebut proses produksi untuk order yang harus dikirim hari ini.

Jam 16.00 ia mulai packing product. Di sela packing produk, ada pesan masuk lagi di smartphone-nya. Ia membalas beberapa pesan tersebut.

Jam 17.00 ia mengantar ke Ekspedisi untuk mengirim orderan. Setelah itu dia juga harus mengirim langsung orderan ke Pelanggannya yang jaraknya terjangkau.

Terkadang ia baru selesai pukul 19.00 tiba di rumah dan masih harus membalas orderan masuk lagi.

Dari Cerita di atas, terlalu banyak “Drama” yang dilakukan Amel. Saya katakan drama karena semuanya menjadi tidak terkendali. Sisi lain ia harus mengurus produksi, sisi lain ia juga harus mengurusi packing product hingga pengiriman atas order produknya.

Inilah yang saya sebut “Produktif Relatif”. Jika dilihat dari panjang jam kerjanya (Jika ini diasumsikan sama dengan pekerja kantoran), Amel tidak produktif. Banyak hal yang harus ia lakukan bersamaan, mulai dari marketing, produksi, hingga pengiriman.

Bahkan tidak jarang urusan keluarga menjadi terbengkalai.

Trus bagaimana agar para UKM-UMKM ini menjadi lebih Super Produktif?

Untuk itulah Bayuangga hadir sebagai Toko Online yang Fokus terhadap produk UKM-UMKM.

Secara hubungan dengan UKM (Sebagai mitra), kami menghandle beberapa tahapan yang biasanya dilakukan mitra.

Untuk mengirim ke ekspedisi, tim Bayuangga akan datang ke tempat produksi para mitra UKM untuk mengambil produk yang siap packing dan melanjutkan pengirimannya ke ekspedisi.

Untuk melakukan aktifitas marketing, Bayuangga telah menyediakan Tim Marketing yang akan membantu pemasaran para Mitra UKM.

Untuk melakukan Followup pelanggan, baik melalui chatting, Telpon atau SMS serta email Bayuangga-lah yang akan lakukan ini.

Para Mitra UKM cukup fokus mengurusi Produksinya hingga produk sudah siap kirim.

Secara hubungan dengan para pembeli (member Bayuangga), kami menghandle semua yang dibutuhkan oleh para member.

Mulai dari menjawab pertanyaan-pertanyaan pembeli tentang produk UKM yang dimaksud, juga memberi panduan kepada pembeli atas transaksi order terhadap produk UKM.

Menahan dana yang telah dibayarkan oleh pembeli hingga produk UKM telah diterima dengan baik.

Melakukan pengembalian dana jika ada pembatalan order dan atau pengembalian produk.

Memberikan informasi akurat dan terpercaya atas proses pengiriman produk yang dipesan.

Meneruskan dana kepada Mitra UKM setelah mendapat konfirmasi produk diterima dengan baik atau 1 x 24 jam berdasarkan laporan dari pihak ekspedisi barang telah diterima pembeli.

Para pembeli cukup memilih produk dan melakukan pembayaran sesuai pilihan pada layanan Bayuangga.

Inilah Drama yang dilakukan Bayuangga. Kami menikmati setiap aktifitas pada proses yang terjadi di Bayuangga. Karena bagi kami, memberikan manfaat adalah hal favorit yang harus kami lakukan selama kami, Tim Bayuangga bisa lakukan untuk anda.

Jadi tunggu apalagi yuk langsung aja cari barang yang kamu inginkan. Dengan membeli produk UKM-UMKM ini, sama artinya anda memberi manfaat terhadap para UKM-UMKM yang akan tumbuh dan berkembang bersama kami.

Author dnweb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *