Batik ?  Pasti yang ada dalam pikiran kita adalah kondangan dan atau  upacara adat Jawa . Memang batik adalah baju khas untuk itu,  tetapi di zaman  modern sekarang batik sudah dikembangkan menjadi banyak model bukan hanya untuk pergi ke kondangan  atau  upacara adat jawa. Mau tau contohnya ?? silahkan di lihat di bawah ini …

Bukan hanya itu aja loh …

Sekarang Indonesia secara resmi diakui UNESCO dengan dimasukkanya ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-benda di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.Seperti dilansir ANTARA, dalam siaran pers dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, UNESCO mengakui batik Indonesia bersama dengan 111 nominasi mata budaya dari 35 negara, dan memasukkannya dalam Daftar Representatif 76 mata budaya

UNESCO mengakui bahwa Batik Indonesia mempunyai teknik dan simbol budaya yang menjadi identitas rakyat Indonesia mulai dari lahir sampai meninggal. hal itu terlihat dari bayi yang digendong dengan kain batik bercorak simbol yang membawa keberuntungan, dan yang meninggal ditutup dengan kain batik. Selain itu, pakaian dengan corak sehari-hari juga dipakai secara rutin dalam kegiatan bisnis dan akademis. Sementara berbagai corak lainnya dipakai dalam upacara pernikahan, kehamilan, juga dalam wayang, kebutuhan non-sandang dan berbagai penampilan kesenian. Kain batik bahkan memainkan peran utama dalam ritual tertentu.

Nah … Sudah tau kan ke Istimewahan Batik ? .. Sekarang saya akan membahas tentang Batik Nusantara, tentunya lebih kepada BATIK KHAS PROBOLINGGO.

Memang ada Batik Khas Probolinggo ?? tentu saja ada karena semua daerah di negara Indonesia mempunyai Batik Khasnya tersendiri contohnya Batik motif 7 Rupa khas Pekalongan ,  Batik Motif Sogan Khas Solo, Batik Motif Mega Mendung Khas Cirebon dan banyak yang lainnya . Nah..  Untuk Probolinggo sendiri mempunyai Batik Motif Khas yaitu Batik Motif Mangga Anggur diambil dari icon Kota Probolinggo itu sendiri .. Seperti apa contohnya?? .. silahkan di lihat sendiri di bawah ini …..

Khusus anda, kami berikan diskon untuk semua produk di Bayuangga. Silakan isi Form –> FORM DISKON untuk mendapatkan Kode Voucher.

Mencintai Batik adalah cara kita Mencintai Indonesia, dengan menggunakan produk Batik sama artinya kita melestarikan Budaya Asli Indonesia.

Author admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *