Membicarakan batik memang tak ada habisnya. Indonesia adalah negara yang memiliki banyak produk batik.
Probolinggo sendiri, sebagai kota di daerah Pantura, Jawa Timur juga memiliki batik khas. Batik Khas kota probolinggo ini dikenal dengan Batik Manggur, yaitu Batik Mangga Anggur sebagai buah produksi lokal probolinggo. Buah mangga dan anggur menjadi identitas bagi para pengrajin batik di kota yang terkenal sebagai Bayuangga (Bayu, Angin, Anggur dan Mangga).

DETAL BATIK DI SINI

Batik ini diproduksi oleh UKM Kota Probolinggo yang berjenis Batik Tulis. Batik Khas Kota Probolinggo yang asli dibuat secara tradisional atau jenis batik tulis yang bermotif alamiah, cara pembuatannya yaitu dengan cara menggambar batik memakai malam, setelah itu diwarnai sesuai dengan motif.  Keunikan produk didasarkan pada proses pembuatannya warna alami yang diambil dari pohon-pohon setempat seperti dari daun ketepeng, daun mangga, kulit kayu mauni, dan lain-lain. Tentunya dengan pembuatan menggunakan warna alami memiliki kualitas yang tidak diragukan.

Segera miliki produk Batik Khas Kota Probolinggo ini, sebagai penghargaan kita terhadap para pengrajin UKM Batik dan melestarikan budaya kita, Bangsa Indonesia

Author Yudi Susanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *