Pernah dengar Hidroponik? Yaitu suatu cara bercocok tanam yang memanfaatkan media air tanpa pestisida. Dengan Hidroponik, Lahan yang sempit bisa menghasilkan sayuran dan makanan sehat.

Trus apa sih yang membuat Tanaman Hidroponik itu sehat sedangkan dia tumbuh tanpa pupuk?

Rahasianya ada di dalam pemberian nutrisi, baik dari komposisi nutrisi dan pengontrolan nutrisi terhadap tanaman. Nutrisi diberikan bertujuan  agar tanaman dapat tumbuh dengan subur. AB mix merupakan campuran antara pupuk A dan pupuk B. Berdasarkan referensi yang kami dapat, pupuk A adalah sebuah pupuk yang mengandung unsur kalium sedangkan pupuk B mengandung unsur sulfat dan fosfat. Ketiga unsur ini tidak boleh dicampur dalam keadaan pekat agar tidak menimbulkan endapan.

Nutrisi Hidroponik AB Mix merupakan nutrisi yang sedang popular digunakan oleh petani budidaya hidroponik. Tujuannya adalah untuk memberikan nutrisi terhadap tanaman agar dapat tumbuh dengan subur. AB mix merupakan campuran antara pupuk A dan pupuk B. Berdasarkan referensi yang kami dapat, pupuk A adalah sebuah pupuk yang mengandung unsur kalium sedangkan pupuk B mengandung unsur sulfat dan fosfat. Ketiga unsur ini tidak boleh dicampur dalam keadaan pekat agar tidak menimbulkan endapan.

Perlu diketahui bahwa akar tanaman hanya dapat menyerap nutrisi yang benar – benar telah terlarut dalam air. Apabila nutrisi yang digunakan belum terlarut dengan sempurna, maka akan menyebabkan terhambatnya penyerapan unsur hara dan juga bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pipa – pipa hidroponik.

Bagi yang masih bingun cara mencapurnya, berikut kami akan berikan langkah – langkah untuk melakukannya:

  1. Siapkan nutrisi formula A dan B.
  2. Siapkan 2 ember, isi masing – masing ember dengan 5 liter air bersih. Artinya setiap ember khusus 1 jenis formula. Misalnya, ember ke 1 untuk formula A dan ember ke dua untuk formula B.
  3. Tuangkan formula A dan B ke masing – masing ember yang sudah terisi air tersebut.
  4. Siapkan 1 ember lagi dengan diisi 1 liter air bersih. Ambil 5 ml dari setiap larutan A dan B. kemudian tuangkan ke dalam ember yang berisi 1 liter air bersih tersebut.
  5. Setelah itu, larutan sudah siap siram atau menggunakan sistem hidroponiknya.

Itulah cara mencampurkan Nutrisi Hidroponik AB Mix. Perlu diketahui juga bahwa pemberian nutrisi dengan menggukan AB Mix dapat melengkapi unsur hara pada tanaman selengkap – lengkapnya. Tapi tetap hati – hati, jangan sampai over dosis ya… khawatir tamamannya terbakar.

Oke sahabat bayuangga.com demikian artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf dan jangan lewatkan artikel – artikel selanjutnya!… bye…

Author M. Kirom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *